. Grafik Komputer
Grafik
komputer adalah sebuah ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan
manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik
komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik
komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern
recognition).
Istilah
“Grafik komputer “ ditemukan pada tahun 1960 oleh William Fetter. Grafik
computer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Grafik
komputer meliputi beberapa bagian, yaitu:
- Geometri
: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang.
- Animasi:
mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
- Rendering:
mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
- Citra
(Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Grafik
computer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni,
sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi
spesifik dari grafika komputer:
- Bidang Pendidikan
Dalam bidang
pendidikan grafik komputer sangat dibutuhkan sekali dalam penerapannya dibidang
ini. Misalnya aplikasi Microsoft powerpoint yang digunakan oleh seorang dosen
atau mahasiswa yang ingin mempresentasikan sebuah data dalam bentuk grafik atau
sebuah diagram dalam presentasinya tersebut.
- Computer Art
Computer art
adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil
dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak,
desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop,
Corel Painter, GIMP.
- Computer
Aided Design (CAD)
CAD adalah
alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan
rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.
- Video
Game
Video game
adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Banyak
aplikasi yang ada contohnya aplikasi 2 dimensi seperti tetris, hingga yang
rumit 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Pro
Evolutin Soccer dan FIFA.
- Hiburan
Komputer
grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment seperti motion
pictures, animasi, ideo clips, dan sebagainya.
B. Pengolahan Citra
Pengolahan
citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi
citra yang kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun
seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ),
misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang
tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi
lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra
tersebut menjadi berkurang.
Agar citra
yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin),
maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya
lebih baik.
Operasi
-operasi yang dilakukan di dalam pengolahan citra banyak ragamnya. Namun,
secara umum, operasi pengolahan citra dapat diklasifikasikan dalam beberapa
jenis sebagai berikut:
- Perbaikan
kualitas citra (image enhancement).
Jenis operasi ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra dengan cara
memanipulasi parameter-parameter citra. Dengan operasi ini, ciri -ciri khusus
yang terdapat di dalam citra lebih ditonjolkan.
Contoh-contoh operasi perbaikan citra: - perbaikan
kontras gelap/terang
b. perbaikan tepian objek (edge enhancement)
c. penajaman (sharpening)
d. pembrian warna semu (pseudocoloring)
e. penapisan derau (noise filtering) - Pemugaran
citra (image restoration).
Operasi ini bertujuan menghilangkan/meminimumkan cacat pada citra. Tujuan pemugaran citra hampir sama dengan operasi perbaikan citra.
Bedanya, pada pemugaran citra penyebab degradasi gambar diketahui.
Contoh-contoh operasi pemugaran citra: - penghilangan
kesamaran (deblurring).
b. penghilangan derau (noise) - Pemampatan
citra (image compression).
Jenis operasi ini dilakukan agar citra dapat direpresentasikan dalam bentuk yang lebih kompak sehingga memerlukan memori yang lebih sedikit. Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemampatan adalah citra yang telah dimampatkan harus tetap mempunyai kualitas gambar yang bagus. - Segmentasi
citra (image segmentation).
Jenis operasi ini bertujuan untuk memecah suatu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu kriteria tertentu. Jenis operasi ini berkaitan erat dengan pengenalan pola. - Analisis
citra (image analysis)
Jenis operasi ini bertujuan menghitung besaran kuantitif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya. Teknik pengorakan citra mengekstraksi ciri -ciri tertentu yang membantu dalam identifikasi objek. Proses segmentasi kadangkala diperlukan untuk melokalisasi objek yang diinginkan dari sekelilingnya.
Contoh-contoh operasi pengorakan citra: - Pendeteksian
tepi objek (edge detection)
b. Ekstraksi batas (boundary)
c. Representasi daerah (region) - Rekonstruksi
citra (image reconstruction)
Jenis operasi ini bertujuan untuk membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi. Operasi rekonstruksi citra banyak digunakan dalam bidang medis. Misalnya beberapa foto rontgen dengan sinar X digunakan untuk membentuk ulang gambar organ tubuh.
Berikut ini
adalah contoh penerapan pengolah citra dalam kehidupan :
- Bidang
Kesehatan
Dalam bidang
kesehatan, pengolahan citra telah banyak diterapkan. Salah satu contoh yang
sering dijumpai adalah foto rontgen. Foto tersebut diambil dengan menembakan
sinar x ke bagian tubuh manusia kemudian diproses sehingga menghasilkan potret
tubuh manusia bagian dalam. Hasil foto tersebut berguna bagi tim medis untuk
mendiagnosa penyakit seseorang.
- Bidang
Visual
Pada bidang
visual, pengolah citra yang dilakukan misalnya pemotretan lewat satellite, foto
kamera dan lain-lain.
- Mikroskop Elektron
Mikroskop
Elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang
kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop
yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan kekutan sehingga
menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai sumber penerangannya.
Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari
mikroskop elektron yaitu digunakan dalam patologi anatomi. Patologi
anatomi ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun
kegunaanya telah sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak
tergantikan untuk diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia
immotile dan banyak tugas-tugas lainnya
0 comments:
Post a Comment